Cara install software CMS WordPress (Self-hosted)  pakai Softaculous adalah sbb:

1. Masuk ke CPanel hosting anda. Contoh: www.waralaba-murah.com/cpanel. Isikan username dan password yang didapat dari hosting tempat anda menyewa hosting.

2. Cari tab Softare/Services. Pilih Softaculous.

3.  Tampil halaman utama Softaculous. Di side bar sebelah kiri, terdapat banyak pilihan kelompok software. Kelompok Blog ( Serendipity, WordPress, Open blog dll), kelompok Portals/CMS (Zikula, Drupal, Joomla dll) dan banyak pilihan kelompok software lainnya. Anda tinggal meng-klik tombol panah di sebelah kanan nama kelompok untuk menampilkan semua software yang termasuk ke dalam kelompok tersebut.

4. Klik tanda panah pada tab Blog. Lalu pilih software yang hendak diinstall. Dalam hal ini saya memilih WordPress.




5. Tampilan halaman Overview software Joomla yang berisi informasi tentang software WordPress ,seperti versi berapa dan berapa kapasitas yang dibutuhkan. Dalam hal ini saya memasang WordPress 3.1.2 , yaitu WordPress versi terbaru yang dirilis pada tanggal 26 April 2011.

6. Klik tab Install. Keluar tampilan Software setup. Isikan semua data yang diminta. Kecuali kolom In Direktory harus dikosong. (Penting sekali!)






Note : Kalau kolom In Direktory diisi, contoh : wp , maka nantinya website anda akan sulit diakses karena software diinstall di dalam direktori folder wp. Ini mengakibatkan  users harus mengetikkan kata wp setelah nama website anda  contoh: http://www.namadomain.com/wp
Jika kolom In Direktori dikosongkan, maka users dapat langsung mengakses website anda seperti biasa yaitu mengetikkan www.namadomain.com tanpa embel-embel kata wp.
7. Dan jangan lupa pada bagian bawah isikan email tempat anda menerima data tentang semua isian data anda dari penyedia hosting. Lalu klik Install.

8. Tampil halaman : Congratulations, the software was installed successfully. Ini berarti software Joomla sudah terinstall dengan baik.

8. Sekarang anda lihat email anda dan segera print out data-data yang barusan anda masukkan tadi dan simpan baik-baik. Jangan sampai hilang. Data ini nantinya untuk mengakses WordPress.

9. Sekarang buka website anda, http://www.domainand.com, maka akan keluar tampilan perdana WordPress dengan theme Twenty Ten sebagai berikut :



10. Selesai dan selamat berkreasi.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar