Abramovic, Sang Pemilik Chelsea



Sosok Roman Arkadievich Abramovich tidak dapat dipisahkan dari sepakbola. Pria yang dilahirkan di Saratov, Rusia, 24 Oktober 1966 ini adalah seorang miliarder Rusia dan pemilik perusahaan investasi Millhouse Capital. Kekayaan bersihnya diperkirakan sebesar US$ 18.2 milyar.

Di Rusia, Abramovich adalah seorang gubernur untuk provinsi Chukotka, ia terpilih pada tahun 2000. Di luar Rusia, ia terkenal sebagai pemilik klub sepak bola Liga Primer Inggris, Chelsea.


Abramovich mendapatkan kekayaannya dengan membeli saham-saham industri-industri yang baru diprivatisasikan setelah jatuhnya komunisme dengan harga murah. Ia pernah menjadi pemegang saham terbesar di Sibneft, sebuah perusahaan minyak besar, dan juga pemegang saham yang penting di RusAl, produsen aluminium terbesar kedua di dunia, dan beberapa perusahaan lainnya.

Pada bulan Juni 2003, ia menjadi pemilik perusahaan-perusahaan yang mengendalikan Chelsea. Sebelumnya ia telah mempertimbangkan untuk membeli beberapa klub lainnya sebelum akhirnya ia membeli Chelsea, yang saat itu mengalami kesulitan finansial. Pembelian ini membuatnya menjadi terkenal di Inggris. Segera setelah Abramovich mengendalikan Chelsea, ia menanamkan modal dalam jumlah besar yang diperkirakan mencapai 440 juta poundsterling dengan memperhitungkan pengambilalihan beban hutang sebesar 80 juta poundsterling dan transfer-transfer pemain.

Selain keterlibatannya dalam sepak bola profesional, Abramovich juga mensponsori sebuah yayasan di Rusia yang dikenal dengan Akademi Sepakbola Nasional. Organisasi ini mensponsori program-program olahraga untuk remaja di seluruh negeri dan membangun lebih dari 15 lapangan sepak bola di berbagai kota dan daerah. Yayasan ini juga menyediakan dana untuk para pelatih, buku-buku pelatihan, merenovasi fasilitas olahraga dan membawa para pelatih dan pelajar berpotensi mengunjungi klub-klub sepak bola profesional di Inggris, Belanda dan Spanyol. (*/ dari berbagai sumber)


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar